Gliese 581 G Planet yang mirip sekali Dengan Bumi

Para ilmuwan mengklaim bahwa mereka menemukan sebuah planet baru yang paling mirip dengan Bumi dan bisa untuk ditinggali. Sebuah tim dari para pemburu planet telah mengumumkan penemuan dari Gliese 581 g, sebuah planet berukuran seperti Bumi yang mengorbit pada bintang terdekat. Jarak antara planet tersebut dengan bintangnya tersebut berada di zona yang aman, dimana air mungkin ada di permukaan planet tersebut. Demikian seperti yang dikutip darI Telegraph, Kamis (30/9/2010).
“Penemuan kami ini memperlihatkan sebuah planet yang berpotensi untuk ditinggali,” ujar Profesor Steven Vogt dari University of California. “Faktanya bahwa kita bisa untuk mendeteksi planet ini dengan cepat dan bisa saja planet seperti ini ada banyak di alam semesta ini,” tambahnya.



Gambaran Planet Glise 581 G (image credit: dailymail.co.uk)
http://i.dailymail.co.uk/i/pix/2010/09/29/article-0-0B675EE4000005DC-793_634x393.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/69/Gliese581cEarthComparison2.png
Sudah dikonfirmasi, bahwa planet ini mirip dengan bumi dan memiliki potensi kuat untuk ditinggali. Penemuan ini bisa saja menjadi pemicu untuk menemukan ke depannya planet-planet sejenis. Penemuan ini berdasarkan pada 11 tahun penelitian di W.M Keck Observatory di Hawaii.
“Teknik tambahan yang dikombinasikan dengan teleskop terus melanjutkan penyelidikan atas exoplanet,” ujar Prof Vogt dan Paul Butler dari Carnegie Institution di Washington, yang mana penemuan mereka tersebut diterbitkan di Astrophysical Journal.
Di Astrophysical Journal dituliskan penemuan dua planet baru di sekitar bintang Gliese 581. Yang paling menarik dari dua planet baru adalah Gliese 581g, dengan massa tiga sampai empat kali lebih besar dari Bumi dan waktu orbit di bawah 37 hari.
Massa dari planet tersebut mengindikasikan bahwa Gliese 581 mungkin adalah sebuah planet berbatu dengan permukaan yang kasar dan memiliki gravitasi, menurut Profesor Vogt. Planet Gliese 581g berlokasi di konstelasi rasi bintang Libra dengan jarak 20 tahun cahaya dari Bumi.

Tambahkan Komentar Anda

Peraturan :
1. Dilarang berkomentar dengan kata-kata yang kotor, Pornografi, SARA
2. Dilarang Poskan Spam
3. Dilarang poskan URL yang tidak perlu
Sekian Pemberitahuan Dari Saya
Hati-hati dengan Komentar Anda, anda Komentar Bukan Spam, Saya Pasti akan Follow anda, This Blog Dofollow

 
Yahoo Messenger
Send Me IM!
Google Plus
Add Me To Your Circle!
Twitter
Follow Me!
Facebook
Add My Facebook
Original Template By Belajar SEO Blogspot - Himajiesized By Dayz Hidayat - Converted By [./Forbiden-403]